5 Batu Akik Paling di Cari Kolektor

12:53:00 AM
Trend batu akik memang sudah tidak seramai dulu. Namun demikian, para kolektor dan pecinta gemstone hingga saat ini masih memburu 5 jenis bebatuan ini, yang dipercaya merupakan sebuah investasi mahal di masa yang akan datang.

1. Kalimaya / Opal





Kalimaya / Opal salah satu batu khas tanah Banten yang hingga saat ini masih tetap jadi incaran para penggemar batu mulia. Keunikan batu ini adalah kemampuannya dalam memantulkan spectrum warna yang membentuk pola unik.
Keindahan batu mulia ini menjadi daya tarik masyarakat Internasional. bahkan di beberapa negara, kalimaya / Opal menjadi sering dijadikan mas kawin dalam pesta pernikahan.
Hingga saat ini, tambang kalimaya di Indonesia hanya berada di Banten. Sementara untuk di luar negeri, batu mulia ini banyak ditambang di negara Afrika (wello), Mexico dan Australia (Coober pady). Di Australia sendiri jenis batu ini menjadi icon negara kangguru tersebut. Dan sampai saat ini Australia dikenal sebagai penghasil Opal terbesar di dunia.
Varian termahal dari jenis batu mulia ni dikenal dengan nama "Black Opal". Dengan warna dasar batu berwarna hitam pekat, serta tingkat kekerasan di atas rata-rata opal lainnya.

2. Bacan / Chrysocolla in Chalcedony



Keunikan dari jenis batu akik ini adalah kemampuannya dalam bermetamorfosa / kristalisasi dalam waktu yang sangat cepat. Tak heran banyak kolektor dari dalam sampai luar negeri banyak yang memburu batu yang berasal dari pulau Maluku tersebut.
Jenis yang paling populer dari Bacan adalah Bacan Doko, Palamea dan Gulau. ketiga jenis bacan ini memiliki warna dasar hijau yang bervariasi sesuai dengan jenisnya.

3. Kalsedon / Chalcedony



Daerah yang terkenal sebagai penghasil batu jenis kalsedon adalah Pacitan dan Bengkulu. Meski memiliki komposisi mineral yang sama, namun pasar memberikan nama yang unik berdasarkan asal dari batu tersebut ditambang. Untuk kalsedon dari Bengkulu, masyarakat lebih mengenalnya dengan nama Raflesia. Sementara nama Red Baron di berikan untuk Kalsedon yang berasal dari daerah Pacitan.
Keunikan dari Kalsedon adalah lusternya yang luar biasa tajam. Sementara untuk varian termahal jenis Kalsedon hingga saat ini adalah jenis Kalsedon yang berwarna merah.

4. Safir




Batu mulia yang satu ini memang selalu menjadi primadona di kalangan para pemburu gemstone. Srilangka, hingga saat ini masih dikenal sebagai negara penghasil safir terbaik di dunia.
kebanyakan Safir yang beredar di masyarakat adalah safir yang berwarna biru / blue safir. padahal ada banyak varian dari batu mulia yang paling sering dipalsukan dipasaran ini. salah satunya adalah Safir Ceylon Paparacha yang konon merupakan safir jenis langka dan memiliki nilai jual tertinggi di antara jenis-jenis safir lainnya.

5. Zamrud / Beryl




Zamrud terbaik hingga saat ini masih berasal dari pertambangan di negara-negara Amerika Selatan. Kolombia adalah salah satu penghasil Zamrud terbaik dan tebesar di wilayah tersebut. Harga Zamrud Kolombia per crtnya bisa mencapai jutaan rupiah.
Batu yang sudah dijadikan perhiasan sejak ribuan tahun lalu ini, bagi sebagian orang dipercaya sebagai simbol pembawa kemakmuran. Tidak heran rasanya jika sampai saat ini, batu mulia ini masih menjadi incaran para kolektor dunia.

0 komentar

Paling Banyak Dibaca